Perum griya SLG no 2B, Jl. Wijaya Kusuma, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri

12 Fakta Menarik Seputar Daging Ayam

Setiap hari kita sering menikmati daging ayam sebagai bagian dari hidangan lezat. Namun, ada banyak fakta menarik seputar daging ayam yang mungkin belum kita ketahui. Berikut adalah 12 fakta menarik tentang daging ayam:

  1. Menurut National Chicken Council, lebih dari 1,25 miliar porsi sayap ayam, sekitar 100 juta pon atau sekitar 40 juta kilogram, dikonsumsi pada akhir pekan Super Bowl tahun 2012.
  2. Di Inggris, lebih dari tiga perempat dari sampah produksi ayam digunakan untuk menghasilkan listrik.
  3. Ayam peliharaan modern adalah keturunan dari ayam hutan merah India dan Asia Tenggara. Mereka telah dijinakkan selama setidaknya 4 ribu tahun.
  4. Orang Mesir membangun inkubator bata sekitar 4 ribu tahun yang lalu yang mampu menampung sekitar 10 ribu anak ayam sekaligus.
  5. Pada tahun 1980, sekitar 10 persen dari berat badan ayam adalah daging dada. Pada tahun 2007, bagian dada ayam telah meningkat menjadi sekitar 21 persen.
  6. Pada tahun 2007, 95 persen dari restoran komersial memiliki ayam dalam menu mereka.
  7. Rata-rata, masyarakat Amerika mengonsumsi lebih dari 80 pon atau 36 kilogram ayam setiap tahunnya.
  8. Diperlukan sekitar 4,5 pon pakan ayam atau sekitar 2 kilogram untuk menghasilkan satu lusin telur.
  9. Delmarva Chicken Festival pada tahun 1950 pernah menyajikan 800 ayam dalam sebuah wajan berdiameter 10 meter.
  10. Populasi ayam di dunia pada tahun 2000, menurut AMI, adalah sebagai berikut:
  • Tiongkok: 3,6 miliar
  • AS: 1,7 miliar
  • Indonesia: 1 miliar
  • Brasil: 950 juta
  • Meksiko: 476 juta
  1. Memakan ayam dengan garpu di Gainesville, Georgia, yang dijuluki sebagai ibukota ayam dunia, dianggap melanggar hukum.
  2. Warna kulit ayam bervariasi dari krem hingga kuning, tergantung pada jenis pakan yang dikonsumsi ayam. Preferensi warna daging ayam berbeda di berbagai belahan dunia, sehingga peternak menggunakan pakan tertentu untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Warna kulit ayam tidak memengaruhi nilai gizi, rasa, kelembutan, atau kadar lemak daging ayam.